RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan :
SMA YPK Pematang siantar
Mata
Pelajaran :
Matematika
Kelas
/ Semester : XI-IPA /
Genap
Pokok Bahasan : Turunan Fungsi
Alokasi
Waktu : 2 x 45’
A. Standart Kompetensi :
Menggunakan konsep turunan fungsi dalam pemecahan
masalah.
B. Kompetensi Dasar : - Menggunakan konsep dan aturan turunan dalam
perhitungan
turunan
fungsi.
-
Menggunakan turunan untuk menentukan fungsi aljabar.
C. Indikator :
1. Menjelaskan dan Membuktikan definisi turunan suatu
fungsi.
2. Menghitung turunan fungsi yang sederhana
dengan
menggunakan
definisi turunan.
3. Menghitung turunan fungsi aljabar.
D. Tujuan Pembelajaran : Setelah dilaksanakan pembelajaran
siswa diharapkan :
1.
Dapat menuliskan dan membuktikan definisi turunan suatu
fungsi.
2. Dapat menghitung turunan fungsi yang sederhana
dengan
menggunakan
definisi turunan.
3. Dapat menghitung turunan fungsi aljabar.
E. Materi Pelajaran : 1. Definisi Turunan.
2.
Turunan Fungsi Aljabar.
F. Sumber Pembelajaran : 1. Matematika SMA kelas XI
penerbit Tiga Serangkai
2. Matematika SMA kelas XI pusat perbukuan
departemen
pendidikan
nasional.
G. Media Pembelajaran : - Buku paket Matematika SMA
IPA
-
Laptop
H. Metode Pembelajaran : Ceramah dan tanya jawab
I. Skenario Pembelajaran :
a. Kegiatan Awal :
- Komunikasi : Memberikan salam pembuka
- Apersepsi : Memberikan motivasi, Materi turunan
diberikan dapat menyelesaikan
informasi KD dan indikator
b. Kegiatan Inti
No
|
Tahap 1.
Apersepsi
|
Waktu
|
|
|
|
|
|
Kegiatan
Guru
|
Kegiatan
Siswa
|
5’
|
|
|
|
1
|
Ø Menyampaikan secara lisan KD dan
indikator yang pada point B dan C diatas yang akan dicapai peserta didik
melalui pembelajaran materi turunan.
|
Ø Memperhatikan dan mencermati kompetensi
dasar dan indikator yang tertera pada buku siswa.
|
|
|
|
|
2
|
Ø Menginformasikan kepada siswa bahwa
metode pembelajaran yang digunakan adalah metode ceramah dan tanya jawab
Ø Menjelaskan cara berkolaborasi antara
siswa dengan siswa dan dengan guru dalam memecahkan masalah dengan tujuan
agar siswa sadar akan peranan dan tanggung jawabnya dalam proses pembelajaran.
|
Ø Mendengarkan penjelasan guru bahwa
kemampuan peserta didik tidak semata–mata tergantung kepada kemampuan guru,
peserta didik harus terlibat aktif bertanya.
Ø Mencermati penjelasan guru dan membayangkan
keterkaitan turunan dengan kehidupan sehari – hari.
|
|
|
|
|
|
Tahap II. Penjelasan Materi
|
20’
|
|
|
|
|
|
KegiantanGuru
|
Kegiatan Siswa
|
|
|
|
|
|
Ø
Menjelaskan
Uraian Materi
Uraian materi :
1.
DEFINISI TURUNAN.
Misalkan diketahui fungsi y = f(x). Jika
variabel x bertambah sebesar
(di
baca : ‘delta x’), maka variabel y mengalami perubahan sebesar
(di
baca : ‘delta y’). Hal ini dapat dituliskan y = f(x).
y = f(x)
Jadi,
timbul karena
adanya perubahan sebesar
pada x. Jika
kedua ruas dibagi
, diperoleh :
ini dinamakan hasil bagi perbedaan atau
difference quotient yang mencerminkan tingkat perubahan rata-rata variabel y
terhadap variabel x.
Untuk perubahan
sangat kecil,
ditulis :
Jadi,
disebut turunan dari fungsi f di titik x.
Jika
biasanya
ditulis dengan huruf h maka rumus
turunan di tulis :
.
Jika
, maka
fungsi y = f(x) dikatakan mempunyai turunan (differensiabel) di titik x. Turunan
fungsi y = f(x) dinotasikan dengan f’(x) atau
.
Jadi, turunan fungsi f(x) didefinisikan
sbb :
f’(x)=
.
2.
TURUNAN FUNGSI ALJABAR
Misalkan diberikan fungsi f(x) = c, f(x) =
x, f(x) = x2,
f(x) = x3,
f(x) = x4, f(x) = xn.. Dengan menggunakan rumus :
f’(x)=
,
diperoleh
turunan sbb :
f(x) = c
adalah f’(x) = 0
f(x) = x
adalah f’(x) = 1
f(x) = x2
adalah f’(x) = 2x
f(x) = x3
adalah f’(x) = 3x
f(x) = x4
adalah f’(x) = 4x dst.
Secara
umum fungsi f(x) = xn, dengan n bilang bulat, turunannya dapat
ditentukan dengan :
f’(x)=
Untuk teorema binomial, untuk x dan y
bilangan real dan n bilangan asli, berlaku :
Dengan
teorema tersebut diperoleh sbb :
f’(x)=
=
= nxn-1
Dengan
demikian, apabila f(x) = xn maka telah terbukti f’(x) = nxn-1.
Dengan cara yang sama, jika f(x) = axn , maka dapt dibuktikan
bahwa f’(x) = anxn-1.
Maka berlaku konsep sbb dalam bentuk fungsi
aljabar :
1. jika
f(x) = c
f’(x) = 0
2. jika
f(x) = xn
f’(x) = nxn-1
3. jika
f(x) = axn
f’(x) = anxn-1
|
Ø
Siswa
mendengarkan penjelasan guru dan memberikan pertanyaan terhadap penjelasan
yang kurang di mengerti.
|
|
|
|
|
|
Kegiatan Akhir
|
Kegiatan Akhir
|
30’
|
|
|
|
|
Ø
Memberi
kesempatan bertanya mengenai hal – hal yang kurang dipahami.
Ø
Memberikan
evaluasi.
|
Ø
Bertanya
mengenai hal – hal yang kurang dipahami.
Ø
Mengerjakan
evaluasi yang diberikan.
|
|
|
|
|
J. Penutup : Guru mengajak siswa mengambil kesimpulan pembelajaran
dengan memberikan
pertanyaan yang menyangkut trigonometri dan memberikan
tugas rumah.
K. Produk Pembelajaran
Afektif : Siswa dapat berpikir logis,
analisis, sistematis, kritis, dan kreatif
Kognitif : Siswa dapat mengerjakan soal –
soal dalam bentuk suatu turunan
fungsi baik yang sederhana
maupun fungsi aljabar.
L. Evaluasi
: 1. Penilaian :
- tekhnik penilaian : tes tertulis
- scoring : semua benar 100
2. Instrumen :
1. Tuliskan rumus dari definisi suatu turunan fungsi.
2. Dengan
menggunakan definisi suatu fungsi. Tentukan turunan pertama fungsi
.
3. Tentukan turunan
dari
4. Tentukan
turunan dari
.
5. Buktikan
defenisi turunan suatu fungsi f(x), dimana
.
3. Kunci jawaban :
1. Rumus dari definisi suatu fungsi
turunan adalah :
f’(x)=
.
2.
=
=
=
4x + h
= 4x + 0 = 4x
3.
f(x) =
f(x) =
sesuai dengan
bentuk f(x) = axn
f’(x) = anxn-1
f(x) =
f’(x) =
4.
f(x) =
f(x) =
sesuai dengan
f(x) = axn
f’(x) = anxn-1
f’(x) =
f’(x) =
5. Bukti definisi suatu fungsi dari :
f’(x)=
penyelesaian :
y = f(x)
kedua ruas dibagi
, diperoleh :
Untuk
perubahan
sangat kecil,
ditulis :
Jadi,
disebut turunan dari fungsi f di titik x.
Jika
biasanya
ditulis dengan huruf h maka rumus
turunan di tulis :
.
|
Jika
, maka
fungsi y = f(x). Turunan fungsi y = f(x) dinotasikan dengan f’(x) atau
.
Jadi,
turunan fungsi f(x) didefinisikan sbb :
f’(x)=
……………………………………….
Terbukti !
apaan maen terbukti terbukti aja, soalnya juga kaga jelas -__-
BalasHapusMenarik
BalasHapus