WeLcome To my Paradise's She-Naga

Saya siap Berbagi informasi ^_^

Kamis, 14 Juni 2012

RPP TURUNAN FUNGSI


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN       
( RPP )           

                                    Satuan Pendidikan                  : SMA YPK Pematang siantar
                                    Mata Pelajaran                        : Matematika
                                    Kelas / Semester                      : XI-IPA / Genap
                                    Pokok Bahasan                       : Turunan Fungsi
                                    Alokasi Waktu                        : 2 x 45’

A. Standart Kompetensi               : Menggunakan konsep turunan fungsi dalam pemecahan
                                                         masalah.

B. Kompetensi Dasar                    : - Menggunakan konsep dan aturan turunan dalam perhitungan
                                                            turunan fungsi.
                                                         - Menggunakan turunan untuk menentukan fungsi aljabar.

C. Indikator                                  : 1. Menjelaskan dan Membuktikan definisi turunan suatu
                                                            fungsi.
                                                        2. Menghitung turunan fungsi yang sederhana dengan
                                                            menggunakan definisi turunan.
                                                        3. Menghitung turunan fungsi aljabar.

D. Tujuan Pembelajaran                : Setelah dilaksanakan pembelajaran siswa diharapkan :
1. Dapat menuliskan dan membuktikan definisi turunan suatu
    fungsi.
2. Dapat menghitung turunan fungsi yang sederhana dengan
    menggunakan definisi turunan.
3. Dapat menghitung turunan fungsi aljabar.

E. Materi Pelajaran                         : 1. Definisi Turunan.
                                                          2. Turunan Fungsi Aljabar.

F. Sumber Pembelajaran                 : 1. Matematika SMA kelas XI penerbit Tiga Serangkai
                                                          2. Matematika SMA kelas XI pusat perbukuan departemen
                                                               pendidikan nasional.

G. Media Pembelajaran                  : - Buku paket Matematika SMA IPA
                                                         - Laptop

H. Metode Pembelajaran                : Ceramah dan tanya jawab

I. Skenario Pembelajaran                :
a. Kegiatan Awal :
- Komunikasi : Memberikan salam pembuka
- Apersepsi     : Memberikan motivasi, Materi turunan diberikan dapat menyelesaikan 
                           informasi KD dan indikator
b. Kegiatan Inti
No
Tahap 1. Apersepsi
Waktu




Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
5’



1
Ø  Menyampaikan secara lisan KD dan indikator yang pada point B dan C diatas yang akan dicapai peserta didik melalui pembelajaran materi turunan.
Ø  Memperhatikan dan mencermati kompetensi dasar dan indikator yang tertera pada buku siswa.




2
Ø  Menginformasikan kepada siswa bahwa metode pembelajaran yang digunakan adalah metode ceramah dan tanya jawab
Ø  Menjelaskan cara berkolaborasi antara siswa dengan siswa dan dengan guru dalam memecahkan masalah dengan tujuan agar siswa sadar akan peranan dan tanggung jawabnya  dalam proses pembelajaran.
Ø  Mendengarkan penjelasan guru bahwa kemampuan peserta didik tidak semata–mata tergantung kepada kemampuan guru, peserta didik harus terlibat aktif bertanya.
Ø  Mencermati penjelasan guru dan membayangkan keterkaitan turunan dengan kehidupan sehari – hari.





Tahap II. Penjelasan Materi
20’




KegiantanGuru
Kegiatan Siswa





Ø  Menjelaskan Uraian Materi
             Uraian materi :
           
1. DEFINISI TURUNAN.
 Misalkan diketahui fungsi y = f(x). Jika variabel x bertambah sebesar  (di baca : ‘delta x’), maka variabel y mengalami perubahan sebesar  (di baca : ‘delta y’). Hal ini dapat dituliskan y = f(x).
             y = f(x)
  Jadi,  timbul karena adanya perubahan sebesar  pada x. Jika kedua ruas dibagi , diperoleh :
 ini dinamakan hasil bagi perbedaan atau difference quotient yang mencerminkan tingkat perubahan rata-rata variabel y terhadap variabel x.
  Untuk perubahan  sangat kecil,  ditulis :
Jadi,  



 disebut turunan dari fungsi f di titik x.
Jika  biasanya ditulis dengan huruf h maka rumus turunan di tulis : .
Jika  , maka fungsi y = f(x) dikatakan mempunyai turunan (differensiabel) di titik x. Turunan fungsi y = f(x) dinotasikan dengan f’(x) atau .
  Jadi, turunan fungsi f(x) didefinisikan sbb :
f’(x)= .

2. TURUNAN FUNGSI ALJABAR
  Misalkan diberikan fungsi f(x) = c, f(x) = x, f(x) = x2,
f(x) = x3, f(x) = x4, f(x) = xn.. Dengan menggunakan rumus :   f’(x)= ,
diperoleh turunan sbb :
f(x) = c adalah f’(x) = 0
f(x) = x adalah f’(x) = 1
f(x) = x2 adalah f’(x) = 2x
f(x) = x3 adalah f’(x) = 3x
f(x) = x4 adalah f’(x) = 4x dst.
Secara umum fungsi f(x) = xn, dengan n bilang bulat, turunannya dapat ditentukan dengan :
f’(x)=

 Untuk teorema binomial, untuk x dan y bilangan real dan n bilangan asli, berlaku :
Dengan teorema tersebut diperoleh sbb :
f’(x)=
     

       
    
      =

      = nxn-1

Dengan demikian, apabila f(x) = xn maka telah terbukti f’(x) = nxn-1. Dengan cara yang sama, jika f(x) = axn , maka dapt dibuktikan bahwa f’(x) = anxn-1.
 Maka berlaku konsep sbb dalam bentuk fungsi aljabar :
1. jika f(x) = c  f’(x) = 0
2. jika f(x) = xn         f’(x) = nxn-1
3. jika f(x) = axn  f’(x) = anxn-1

Ø  Siswa mendengarkan penjelasan guru dan memberikan pertanyaan terhadap penjelasan yang kurang di mengerti.





Kegiatan Akhir
Kegiatan Akhir
    30’




Ø  Memberi kesempatan bertanya mengenai hal – hal yang kurang dipahami.
Ø  Memberikan evaluasi.
Ø  Bertanya mengenai hal – hal yang kurang dipahami.
Ø  Mengerjakan evaluasi yang diberikan.






J. Penutup :     Guru mengajak siswa mengambil kesimpulan pembelajaran dengan memberikan
                        pertanyaan yang menyangkut trigonometri dan memberikan tugas rumah.

K. Produk Pembelajaran
*      Afektif                 : Siswa dapat berpikir logis, analisis, sistematis, kritis, dan kreatif
*      Kognitif               : Siswa dapat mengerjakan soal – soal dalam bentuk suatu turunan
                                fungsi baik yang sederhana maupun fungsi aljabar.

L. Evaluasi :  1. Penilaian :
- tekhnik penilaian : tes tertulis
- scoring                : semua benar 100
           2. Instrumen :
           
1. Tuliskan rumus dari definisi suatu turunan fungsi.
2. Dengan menggunakan definisi suatu fungsi. Tentukan turunan pertama fungsi .
3. Tentukan turunan dari        
4. Tentukan turunan dari .
5. Buktikan defenisi turunan suatu fungsi f(x), dimana .

                        3. Kunci jawaban :

1. Rumus dari definisi suatu fungsi turunan adalah : f’(x)= .
2.  
           
  
                

                 =

                 =

                  =   4x + h

                  = 4x + 0 = 4x

3. 
 
   f(x) =
                                                                                                   

   f(x) =  sesuai dengan bentuk f(x) = axn   f’(x) = anxn-1


   f(x) =  

 
  f’(x) =




4.


    f(x) =


   f(x) =  sesuai dengan f(x) = axn  f’(x) = anxn-1

 
  f’(x) =                 


f’(x) =
                              



5. Bukti definisi suatu fungsi dari : f’(x)=



penyelesaian :

             y = f(x)
kedua ruas dibagi , diperoleh :
  Untuk perubahan  sangat kecil,  ditulis :
Jadi,  
 disebut turunan dari fungsi f di titik x.
Jika  biasanya ditulis dengan huruf h maka rumus turunan di tulis :
  .
Jika  , maka fungsi y = f(x). Turunan fungsi y = f(x) dinotasikan dengan f’(x) atau .
  Jadi, turunan fungsi f(x) didefinisikan sbb :
f’(x)= ………………………………………. Terbukti !

2 komentar: