RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH :
SMA NEGERI 3 Pematangsiantar
MATA PELAJARAN :
MATEMATIKA
KELAS / SEMESTER : XI IPA / 2 (GENAP)
A.
Standar Kompetensi : 6. Menggunakan Konsep Barisan dan Deret
Dalam Pemecahan
Masalah.
B.
Kompetensi Dasar : 6.1 Menentukan suku ke-n barisan aritmetika.
C.
Indikator :
1. Menjelaskan arti barisan aritmetika.
2. Menemukan rumus barisan aritmetika.
3. Menghitung suku ke-n barisan aritmetika.
D.
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat menjelaskan ciri barisan aritmetika.
2. Siswa dapat merumuskan suku ke-n barisan
aritmetika.
3. Siswa dapat menghitung suku ke-n barisan
aritmetika.
E.
Alokasi Waktu : 20 Menit
F.
Materi Ajar :
a. Barisan Aritmetika
b. Suku ke-n Barisan Aritmetika
G.
Model dan Metode Pembelajaran
a.
Model Pembelajaran : Model Pembelajaran Kooperatif Learning
b.
Metode Pembelajaran :
Ceramah, diskusi, tanya jawab, demonstrasi
H.
Skenario Pembelajaran
Pendahuluan
Motivasi : Kesuksesan diperoleh dari 99% kerja keras dan 1% inspirasi.
Apersepsi : Mengingat kembali tentang barisan bilangan.
Kegiatan Inti
a.
Demonstrasi tentang barisan aritmetika, dan cara menghitung
suku ke-n barisan aritmetika.
Ø
Barisan
Aritmetika.
Barisan aritmetika adalah suatu barisan bilangan dengan setiap dua suku yang
berurutan memiliki selisih tetap (konstan). Selisih tetap disebut beda (b).
Misalkan Un menyatakan suku ke-n suatu barisan, maka barisan itu
disebut barisan aritmetika jika Un - Un-1 selalu
tetap untuk setiap n. Un - Un-1 yang
selalu tetap ini dinamakan beda dan dilambangkan dengan b.
Jadi
:
Contoh :
Tentukan nilai
beda pada barisan aritmetika berikut :
1) 2,
6, 10, 14, … beda =
6 -
2 = 10 -
6 = 14 – 10 = 4 → b = 4
2) 10,
3, -4, -11, … beda =
3 – 10 = -4
-
3 = -11
-
(-4)
= -7
→ b = -7
Ø
Suku
ke-n Barisan Aritmetika
Misalkan
a adalah suku pertama barisan aritmetika, b adalah beda, Un adalah
suku ke-n.
Un
-
Un-1
= b Þ Un = Un-1 + b
U1
= a
U2 = U1 + b = a + b = a + 1b
U3 = U2 + b = (a +
b) + b= a + 2b
U4 = U3 + b = (a +
2b) + b = a + 3b
U5 = U4 + b= (a +
3b) + b= a + 4b
U6 = U5 + b= (a + 4b) + b= a + 5b
Diperoleh barisan aritmetika baku sbb : a, a+b, a+2b,
a+3b, a+4b, a+5b, … , a+(n-1)
Maka
rumus suku ke-n adalah : Un
= a +(n-1)b
Contoh:
- Tentukan suku ke-20 barisan bilangan berikut : 2, 5, 8, 11, …
Jawab :
b = 5 - 2 = 8 - 5 = 11 - 8 = 3 → b = 3
a = 2
Un = a + (n-1)b
U20 = 2 + (20-1)3 = 2 + 19.3 = 63
b.
Peserta didik mengerjakan soal latihan yang diberikan
oleh guru.
c.
Peserta didik dan guru bersama-sama membahas jawaban
soal latihan.
Penutup
a.
Peserta didik dan guru melakukan refleksi.
b.
Peserta didik diberi pekerjaan rumah tentang barisan
aritmetika dan suku ke-n barisan aritmetika.
I.
Sumber / Sarana / Alat
Sumber :
Buku Theory and Application of Mathematics for Grade XI of Senior High
School, Siswanto (penerbit: Tiga Serangkai).
J.
Penilaian
Tehnik : tugas
kelompok, tugas individu, ulangan
Bentuk Instrumen : uraian singkat
Contoh Instrumen :
Soal Latihan :
SOAL LATIHAN
Jawablah soal-soal berikut dengan
benar dan tepat !!
1. Suku
ke -10 suatu barisan
aritmetika adalah 24, sedangkan suku pertamanya 6. Tentukan bedanya !
2. Suku ke -10 suatu barisan aritmetika adalah
24, suku pertama 6 dan b = 2. Tentukan rumus suku ke-n !
3. Diketahui
suatu barisan aritmetika dengan U2
= 6 dan U11
= 24.
a.
Carilah suku pertama dan beda !
b.
Tentukan U40 !
KUNCI JAWABAN
1. Dik
: U10 = 24, a = 6
Dit : b … ?
Penyelesaian :
Un = a + (n-1)b
24
= 6 + (10-1)b
24
- 6 = 9b
18 = 9b
b = 2
Maka bedanya adalah
2.
2. Dik : U10 = 24, a = 6, b
= 2
Dit : rumus suku
ke-n …?
Penyelesaian :
Un
= a + (n-1)b
Un
= 6 + (n-1)2
Un
= 6 + 2n - 2
Un
= 4 + 2n
Maka rumus suku ke-n
adalah Un = 4 + 2n
3.
Dik : U2 = 6 dan U11 = 24
Dit : a. U1 dan
b ….?
b. U40 ... ?
b. U40 ... ?
Penyelesaian :
a. a + b = 6 ….. (1)
a + 10b = 24
….. (2)
Eliminasi persamaan (1) dan
(2)
a + 10b = 24
a + b
= 6
9b
= 18
b
= 2
Subsitusi nilai b ke persamaan
(1) : a + b = 6
a + 2 = 6 → a = 4
Maka
U1 = 4, dan b =
2
b.
Suku ke-40…?
Penyelesaian
:
Rumus : Un = a + (n-1)b
U40
= 4 + (40-1).2
U40
= 4 + 39.2
U40
= 82.
Maka U40 adalah 82.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar